sarunghp

sarung hp

Senin, 09 April 2012

OBYEK WISATA DI KOTA MALANG

Ada apa aja sih di kota Malang dan sekitarnya?? pastinya banyak sekali tempat - tempat menarik untuk di kunjungi.. posting kali ini tentunya tentang obyek Wisata di kota Malang dan sekitarnya. kota terbesar kedua di provinsi Jawa Timur ini menyediakan berbagai macam ekowisata yang sangat indah, mulai dari gunung, pantai, air terjun, danau, dll..Langsung saja kalo begitu.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS)


Secara geografis TN BTS masuk dalam wilayah 4 kabupaten yaitu Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang. bagi sobat yang berwisata ke kota Malang, mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pasti seru.. hehe. mengingat Taman Nasional ini merupakan salah satu dari 10 Tempat Terindah di Indonesia. beberapa tempat menarik dalam kawasan TN BTS adalah:


  • Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 meter diatas permukaan laut (mdpl) ,.Merupakan gunung tertinggi di pulau jawa, mencapai puncak Semeru merupakan keistimewaan tersendiri bagi para penggiat alam bebas.. disini kita juga akan menyaksikan berbagai macam keindahan alam seperti Ranu Kumbolo (Danau di ketinggian 2.400 mdpl), Oro-oro ombo (Padang Savana), Kalimati (Lembah yang di penuhi bunga edelweiss), dll. 
  •  Bromo - Merupakan tempat yang sangat populer di mata para wisatawan baik asing maupun domestik, gunung dengan ketinggian 2.392 mdpl ini dikelilingi oleh lautan pasir atau segoro wedi dalam bahasa jawa.. yang paling terkenal dari Bromo adalah Sunrise nya yang begitu indah -yang bisa kita saksikan dengan sempurna dari Bukit Pananjakan. oh ya, selain diadakan upacara adat yang di sebut upacara kasodo [kasodoan] setiap purnama dalam bulan kasodo (bulan penanggalan jawa).
  • Coban Pelangi - Letaknya beberapa kilometer dari Bromo, merupakan sebuah air terjun yang sangat istimewa, kenapa istimewa? karena pada siang hari jika cuaca sedang cerah kita bisa menyaksikan pelangi muncul di sisi air terjun. sangat indah..
  • Wisata lain dalam kawasan TN BTS adalah Ranu Pani, Ranu Regulo, Coban Trisula, dll
 Pulau Sempu



        Pulau Sempu terletak di ujung selatan Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Malang. Pulau ini merupakan sebuah kawasan konservasi alam yang tak jauh dari Pantai Sendang Biru. di pulau kecil ini ada sebuah danau air asin yang disebut Segara Anakan dan beberapa pantai dengan pemandangan yang sangat indah.. untuk menuju Segara Anakan, dari tepi pulau sempu sobat masih harus berjalan kaki melewati hutan dengan jarak waktu sekitar 2 sampai 3 jam. dan jarak waktu tersebut bisa berubah menjadi 4 sampai 5 jam saat musim hujan karena jalan yang kita lalui akan berubah menjadi jalan berlumpur yang sangat licin. namun semua itu akan terbayar ketika kita menyaksikan sendiri keindahan Segara Anakan. begitu indahnya sampai banyak yang menjuluki danau ini sebagai The Hidden Paradise in Malang.hehehehe.. sedikit hiperbola. Wisata lain di sekitar Pulau Sempu adalah Pantai Sendang Biru, Pantai Tamban, Pantai Goa Cina, Pantai Bajul Mati, dll

Kota Wisata Batu


Berwisata ke Malang tidak lengkap kalau tidak mampir ke Kota Batu.. beberapa tempat wisata di kota ini adalah: 
  • Bukit Paralayang
  • Panderman
  • Coban Talun
  • Coban Rondo
  • Cangar  
  • dll...
Selain obyek wisata alami diatas, Malang juga memiliki sejumlah objek wisata buatan yang semakin berkembang.
 
Festival Malang Kembali (Malang Tempoe Doeloe) - Khusus bulan Mei


Merupakan festival tahunan yang diadakan setiap minggu ke tiga di bulan Mei selama 4 hari berturut-turut.. yaitu pada hari Kamis, Jum'at, Sabtu, dan Minggu. dalam festival ini, sepanjang jalan Ijen Malang akan di sulap menjadi sebuah kota dengan nuansa tempo doloe yang sangat kental. banyak acara-acara seni budaya seperti pagelaran wayang, tarian rakyat, atau atraksi-atraksi menarik yang di gelar disini, pengunjung yang datang pun biasanya menggunakan berbagai macam kostum unik dan nyentrik ala tempo doloe.. muda mudi dengan pakaian kolonial belanda atau berkain kebaya sangat mudah di temui ketika festival ini berlangsung.. kuliner yang disediakan pun merupakan berbagai macam jajanan-jajanan khas tempoe doloe.. bisa hadir dan menyaksikan Festival Malang Kembali tentunya merupakan sebuah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan luar kota Malang.

Taman Rekreasi Sengkaling


Taman Rekreasi Sengkaling yang diramalkan akan menjadi Dufannya Malang, Wisata Tirta Waduk Selorejo, dan Taman Wisata Wendit. Sengkaling berada di antara kota Malang dan Kota Batu. Daerah ini semula merupakan lahan pribadi milik orang Belanda bernama Mr. Door yang ditata menjadi tempat rekreasi masyarakat setempat. Baru pada tahun 1979, taman ini dibuka untuk umum dan dikelola oleh perusahaan rokok terkemuka di Indonesia.
Taman Rekreasi Sengkaling kini jelas tampil beda. Di dalam taman rekreasi seluas 15 hektar ini terdapat bermacam arena bermain. Ada beberapa kolam renang seperti Tirta Sari Pool, Tirta Alam Pool, Pesona Primitif Pool, dan Cuttel Pool yang menyajikan berbagai wahana bermain air yang unik dan menarik. Selain itu ada taman bermain lengkap dengan kereta mini, bom-bom car, kapal misteri, mini zoo, jembatan gantung, lapangan sepak bola, dan masih banyak lagi. Taman ini pun dilengkapi area parkir yang luas dan toko-toko souvenir yang menjual bermacam kerajinan tangan. Dengan aneka wahana yang dimiliki Taman Rekreasi Sengkaling, wajar kalau ada yang menilainya sebagai taman rekreasi terlengkap di Malang bahkan diramalkan menjadi Dufannya Ancol. Tarif masuk Taman Rekreasi Sengkaling cukup terjangkau Rp 10.000 per orang. Taman ini dibuka sejak pukul 06.00 pagi hingga pukul 17.00 pada hari biasa atau hingga pukul 18.00 pada akhir pekan.

Taman Wisata Air Wendit



Taman Wisata Air Wendit. Konon, dulu seorang pertapa bernama Wandito yang pertama kali menemukan mata air di kawasan ini hingga menjadi tempat mandi dan sumber air bagi masyarakat sekitar. keunggulan dari taman seluas 11,5 hektar ini dibandingkan dengan pemandian lain di daerah Malang adalah Sumber air pemandian berasal langsung dari sumber mata air pengunungan. Selain itu kera bebas berkeliaran di pepohohan Wendit menjadikan ciri khas tersendiri bagi taman wisata ini. Setelah peresmian Taman rekreasi dan pemandian Wendit tahun 2008 tepatnya 11 Mei ini mengundang antusias pengunjung. Mengingat adanya banyak tambahan wahana yang ditawarkan seperti: spa, kolam renang gelas tumpah untuk anak-anak, kolam arus, area permainan anak, water park dan lain sebagainya.


Taman Wisata Bendungan Air Selorejo



Taman Wisata Air Bendungan Selorejo seluas 36 hektar merupakan danau buatan yang dibangun dengan menenggelamkan Desa Selorejo. Fungsi awalnya sebagai sumber irigasi dan pembangkit tenaga listrik. Perkembangan selanjutnya juga sebagai taman wisata air. Bendungan Selorejo terletak 43 kilometer arah barat Kota Malang. Bendungan yang dibangun tahun 1967 ini dilengkapi beberapa fasilitas pendukung antara lain beberapa villa dan restoran yang pemandangannya menghadap langsung ke danau buatan. Selain itu lapangan golf, lapangan bola, taman bermain, dan beberapa perahu yang dapat disewa untuk berkeliling danau sambil memancing. Di bendungan ini dihuni beragam ikan seperti mujair, nila, dan lainnya. Pengunjung dapat menikmati ikan-ikan tersebut di restoran

Sebenarnya masih banyak tempat-tempat menarik untuk di kunjungi, malah saking banyaknya sampe bikin Saya bingung nulisnya.. hehehe. beberapa tempat wisata lainnya adalah Pantai Balekambang, Pantai Ngliyep, Agrowisata di Batu, Coban Ngglothak, Coban Rais, dll..
Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi sobat saat berkunjung ke kota malang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

kritik dan saran sobat akan sangat membantu, terima kasih atas kesediaanya berkomentar

sarunghp