sarunghp

sarung hp

Selasa, 01 Mei 2012

Waduh, Orang Eropa Pertama Ternyata Pemakan Daging Manusia!!

Tulang-belulang dari `manusia Eropa pertama` yang ditemukan di satu situs arkeologi di Spanyol utara mengungkapkan, bahwa orang-orang pra sejarah ini adalah kanibal (pemakan manusia) terutama menyukai daging anak.

'Kami tahu bahwa mereka mempraktikkan kanibalisme,' kata Jose Maria Bermudez de Castro, salah seorang direktur pada proyek Atapuerca, Situs Warisan Dunia UNESCO.

Suatu pengkajian atas tulang-belulang tersebut mengungkapkan, mereka mempraktikkan kanibalisme dengan memakan kalangan mereka sendiri dan bukan bagian dari ritual.

Setelah membunuh, mereka makan musuh-musuh mereka terutama anak-anak dan remaja.

'Hal itu adalah kasus kanibalisme pertama yang didokumentasi dengan baik dalam sejarah kemanusiaan, yang bukanlah berarti bahwa itu yang tertua,' katanya.

Tulang-belulang purba itu ditemukan di gua-gua `yang sudah terpecah-pecah, patah, berantakan, bercampur dengan tulang-belulang hewan-hewan lainnya seperti kuda, rusa, rusa kutub, semua jenis binatang hasil buruan` yang dimakan oleh manusia, katanya.

'Ini memberikan kami dugaan kanibalisme berkaitan dengan jenis gastronomi, dan bukan sebagai ritual.'

Gua-gua Atapuerca pertama kali ditemukan pada abad ke-19, ketika satu terowongan diledakkan melewati gunung untuk pembangunan jalur kereta api.

'Namun pada saat itu di Spanyol, belum cukup ada pengetahuan untuk memulai riset,' kata direktur lainnya, Eudald Carbonell.

Penggalian-penggalian pertama belum dilakukan sampai tahun 1978, baru kemudian `pada 1984, kami menemukan 150 tulang-belulang manusia.

Pada 1992, mereka menemukan satu tulang-belulang utuh, dan dua tahun kemudian, mereka menemukan kembali tulang-belulang yang berasal dari lebih kurang 800.000 tahun lalu.

Tulang-belulang itu diduga sebagai manusia-manusia pertama yang mencapai Eropa, yang dikenal sebagai Homo antecessor, atau pioner atau explorer dalam bahasa Latin.

Homo antecessor, yang hidup sebelum manusia Neanderthals dan Homo Sapiens, diduga datang ke gua-gua Atapurca setelah mengalami migrasi lama dari Afrika dan melewati Timur Tengah, Italia utara dan kemudian Perancis.

Tempat-tempat itu adalah situs yang bagus untuk dijadikan pemukiman manusia, pada pertemuan dua sungai dengan iklim yang nyaman serta kaya dengan flora dan fauna, kata de Castro.

Mereka menemukan air dan makanan dengan berburu beruang liar, kuda, rusa, `yang berarti bahwa mereka tidak mempraktekkan kanibalisme karena kekurangan pangan. Mereka membunuh musuh-musuh mereka dan memanfaatkan dagingnya,' katanya.

'Aspek yang menarik lainnya ... adalah bahwa sebagian besar dari 11 individu yang kami identifikasi' sebagai korban 'adalah anak-anak atau anak remaja.'

'Kami rasa ada dua juga dua orang dewasa muda termasuk seorang wanita, yang mengindikasikan bahwa mereka dibunuh berdasarkan piramida demografi kelompok.'

Atapuerca, terletak di ujung Eurasia, membuat Homo antecessor makin berkembang di dalam keterkucilan mereka dan makin terpisah, dengan karakteristik arkais dan modern.

Dengan melakukan perburuan, mereka juga membuat peralatan. Wilayah tersebut, ketika itu sarat dengan hutan lebat, kayu-kayuan, pohon sarangan dan semak belukar, dan juga banyak dihuni binatang seperti beruang, harimau dan serigala.Download Film Gratis Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran sobat akan sangat membantu, terima kasih atas kesediaanya berkomentar

sarunghp